Pahami Tinted Sunscreen Adalah Tabir Surya Berbahan Mineral untuk Melindungi Kulit, Berikut Penjelasannya!

Di tengah kesibukan dan padatnya aktivitas, melindungi kulit dari paparan sinar UV seringkali terlupakan. Padahal sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari penuaan dini, timbulnya flek hitam hingga kanker kulit. 

Oleh karena itu, penggunaan tinted sunscreen menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Tinted sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit berbahan dasar mineral  untuk melindungi diri dari sinar UVB dan UVA.

Biasanya, produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis warna kulit. 

Supaya kalian lebih memahami tinted sunscreen, simak selengkapnya tinted sunscreen artikel berikut ini, ya!

Apa itu Tinted Sunscreen?

Tinted sunscreen adalah jenis produk perawatan kulit wajah yang mengandung mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. 

Kandungan mineral ini bekerja dengan cara memantulkan sinar UV dari permukaan kulit, sehingga tidak menembus dan merusak sel-sel kulit.

Selain filter mineral, kandungannya tinted sunscreen juga mengandung pigmen berwarna yang dapat membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda-noda kecil. 

Hal ini membuat tinted sunscreen menjadi pilihan ideal bagi kalian yang ingin tampil natural tanpa menggunakan makeup yang berlebihan.

Apakah Tinted Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Tinted sunscreen biasanya tidak dirancang secara khusus untuk menghilangkan bekas jerawat.

Namun, beberapa varian mungkin mengandung bahan-bahan seperti niacinamide atau vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit, termasuk bekas jerawat. 

Meskipun demikian untuk menghilangkan bekas jerawat secara efektif, seringkali diperlukan perawatan khusus.

Misalnya produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau retinoid, serta penggunaan sunscreen yang teratur untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut akibat sinar matahari. 

Jadi, sementara tinted sunscreen adalah produk yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dengan memberikan cakupan ringan, perawatan tambahan mungkin diperlukan untuk hasil yang lebih signifikan.

Apakah Tinted Sunscreen Memiliki Keunggulan Dibandingkan Sunscreen Biasa? 

Sunscreen biasa memiliki spektrum luas dan tidak berwarna, mengandung filter yang mampu memblokir sinar UVA dan UVB, namun tidak dapat menghalangi cahaya datang. 

Menurut penjelasan dari Harvard Health Publishing, partikel dalam sunscreen biasa yang berspektrum luas sering kali dibuat untuk mengurangi efek putih berlebih. 

Tetapi, secara umum tinted sunscreen adalah produk lebih efektif daripada sunscreen biasa karena mengandung oksida besi, seperti seng oksida dan titanium dioksida.

Biasanya menjadi partikel mineral dan terbukti mampu melindungi kulit dari sinar UV dan sinar biru yang dipancarkan oleh layar laptop dan ponsel.

Manfaat Tinted Sunscreen?

Mengutip dari laman resmi Clinikally, terdapat beberapa manfaat utama tinted sunscreen, di antaranya:

1. Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Tinted sunscreen mengandung filter mineral spektrum luas yang efektif melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, penyebab utama penuaan dini, keriput, dan kanker kulit.

2. Meratakan Warna Kulit

Pigmen berwarna dalam tinted sunscreen dapat membantu meratakan warna kulit, menyamarkan noda-noda kecil, dan memberikan efek complexion yang lebih cerah.

3. Membuat Wajah Tampak Lebih Segar

Tinted sunscreen dapat memberikan efek fresh pada wajah, sehingga wajah tampak lebih segar dan bercahaya.

4. Praktis dan Mudah Digunakan

Selain itu, tinted sunscreen dapat digunakan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari, tanpa perlu menggunakan foundation atau BB cream.

5. Dapat Mengontrol Minyak

Beberapa tinted sunscreen dibuat untuk membantu mengurangi minyak dan kilap di wajah, sangat membantu bagi mereka yang kulitnya berminyak.

Pilih produk yang mengandung bahan seperti silika atau bubuk matte untuk mengurangi minyak berlebih.

6. Non-Komedogenik

Tinted sunscreen yang diberi label “non-komedogenik” dirancang agar tidak menyumbat pori-pori, ini penting terutama bagi kalian yang kulitnya mudah berjerawat.

Selalu perhatikan label dengan teliti dan pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kalian, ya.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit Wajah Terpercaya

Apabila kalian ingin tahu lebih lanjut mengenai perawatan menggunakan tinted sunscreen yang tepat secara medis tanpa ketergantungan. Kalian dapat menghubungi dokter spesialis kulit di Metaderma.id

Berikut terdapat beberapa dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman hingga 14 tahun dan mendapatkan rating terbaik dari para pasien yang telah mereka tangani:

1. Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV

Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV merupakan salah satu dokter spesialis kulit wajah yang telah berpengalaman selama 14 tahun. Tempat praktiknya ada di dua tempat yaitu DNI Skin Centre dan RSUP Prof.Ngoerah

2. Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK

Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK memiliki pengalaman selama 4 tahun di bidang spesialis kulit wajah. Saat ini tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

3. Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka

Sedangkan untuk Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka memiliki pengalaman 2 tahun dan tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

Itulah beberapa dokter spesialis kulit wajah yang bisa kalian hubungi penggunaan tinted sunscreen pada kulit wajah secara tepat dan cepat. Kalian bisa berkonsultasi dari rumah tanpa harus mengantri dan biaya murah hanya melalui chat WhatsApp saja.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi dokter spesialis kulit wajah di Metaderma.id sekarang juga!

Referensi:

Harvard Health. Tinted Sunscreens: Benefits Beyond an Attractive Hlow. Diakses 2 Mei 2024.

https://www.health.harvard.edu/blog/tinted-sunscreens-benefits-beyond-an-attractive-glow-2020071320534

Vogue India. The Benefits of Tinted Sunscreen, According To an Expert, and The Best Ones to Buy. Diakses 2 Mei 2024.

https://www.vogue.in/content/the-benefits-of-tinted-sunscreen-according-to-an-expert-and-the-best-ones-to-buy

Curology. Tinted Sunscreen: What you Should Know. Diakses 2 Mei 2024.

https://curology.com/blog/tinted-sunscreen-what-you-should-know/

Clinikally. How Tinted Sunscreen Can Benefit Oily, Acne-Prone Skin. Diakses 2 Mei 2024.

https://www.clinikally.com/blogs/news/how-tinted-sunscreen-can-benefit-oily-acne-prone-skin