Waktu yang Tepat Penggunaan Skincare Retinol untuk Umur Berapa? Berikut Penjelasannya!

Retinol adalah salah satu bahan aktif dalam produk perawatan kulit yang memiliki segudang manfaat dalam memperbaiki berbagai masalah kulit. 

Mulai dari jerawat, flek hitam, hingga melawan tanda penuaan, retinol dapat menjadi solusi efektif.

Namun, tak jarang muncul pertanyaan mengenai retinol untuk umur berapa yang tepat untuk digunakan dalam rutinitas perawatan kulit wajah.

Dalam artikel ini akan kupas tuntas tentang waktu yang tepat untuk menggunakan retinol berdasarkan usia. Simak hingga akhir, ya!

Manfaat Retinol untuk Wajah

Adapun manfaat retinol dalam skincare yang perlu kalian ketahui, di antaranya:

  • Meningkatkan pergantian sel kulit: Membantu dalam pengelupasan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang sehat.
  • Memperbaiki tekstur dan warna kulit: Membantu dalam mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit lebih halus dan bercahaya.
  • Mengobati jerawat: Mengurangi produksi minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat.
  • Mencegah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan: Retinol mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi lebih kencang, garis halus dan kerutan tersamarkan, dan tekstur kulit lebih halus.
  • Mencerahkan kulit: Retinol adalah salah satu turunan vitamin A yang dapat membantu proses pergantian sel kulit, sehingga kulit kusam tampak lebih cerah dan bersinar.

Skincare Retinol untuk Umur Berapa?

Secara umum, memakai retinol untuk usia yang paling direkomendasikan digunakan mulai dari usia 20-an. 

Di usia ini, produksi kolagen alami tubuh mulai menurun, sehingga tanda-tanda penuaan dini mulai terlihat. Tetapi, jika kalian telat memakai diusia 20, bisa di usia berikutnya, seperti:

1. Usia 20

Pada usia 20-an, kulit masih relatif muda dan regenerasi sel berjalan dengan cepat. Sebab pembentukan kolagen di kulit akan berkurang seiring waktu berjalan. 

Kalian bisa memulainya dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu, misalnya di bawah 1%.

Kalian bisa memilih skincare toner atau pelembab, karena biasanya lebih ringan dan tidak menimbulkan iritasi seperti serum.

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan serum retinol, pastikan setelahnya menggunakan serum dan pelembab yang lebih menghidrasi untuk menjaga kelembapan kulit.

Tidak perlu digunakan terlalu sering, cukup dua kali seminggu pada malam hari. Jangan lupa memakai sunscreen keesokan paginya.

Manfaat di usia ini: Menggunakan retinol untuk usia berapa ini tentu banyak ditanyakan oleh para wanita. Usia 20-an dapat membantu mencegah munculnya kerutan dan garis halus di kemudian hari. Ini juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang sering terjadi di usia ini.

Cara penggunaan: Mulailah dengan konsentrasi rendah dan gunakan dua kali seminggu. Perhatikan reaksi kulit dan tingkatkan frekuensi secara bertahap jika kulit kalian bisa menerimanya tanpa iritasi.

2. Usia 30

Memasuki usia 30-an, tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan mulai muncul lebih jelas. Produksi kolagen juga mulai menurun, sehingga kulit membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Manfaat di usia ini: Retinol dapat membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dan meningkatkan tekstur kulit yang mungkin mulai tampak kusam.

Cara penggunaan: Tingkatkan frekuensi penggunaan menjadi tiga kali seminggu dengan konsentrasi lebih dari 1% Jika kulit kalian cocok, bisa menggunakan produk dengan konsentrasi lebih tinggi.

3. Usia 40

Apabila kalian sudah umur 40-an, tak ada kata terlambat memakai retinol. Di usia ini kulit wajah menjadi semakin kendur, kurang elastis, kusam, dan kerutan semakin banyak.

Pada usia ini, produk perawatan kulit yang hanya melembapkan tidak akan cukup untuk melawan tanda-tanda penuaan. 

Oleh karena itu, retinol menjadi solusi utamanya. Kalian bisa menggunakan retinol dalam bentuk toner, serum, pelembab, atau krim mata, sesuai dengan kebutuhan.

4. Usia 50

Terakhir, pada lansia yang telah diatas 50 tahun, kulit mengalami perubahan signifikan akibat penurunan hormon dan faktor penuaan lainnya. Kulit menjadi lebih tipis, kendur, kering, dan kurang elastis.

Disarankan pakai produk skincare yang mengandung Hyaluronic Acid, karena bahan ini sangat efektif dalam menjaga kelembapan kulit, membantu kulit di usia 50-an tetap lembap dan kenyal.

Pilihlah pelembab yang lebih creamy untuk digunakan setelah serum retinol, agar kulit tetap terhidrasi sepanjang malam. Face oil juga bisa menjadi pilihan yang bagus!

Untuk hasil yang lebih optimal, kalian bisa melengkapi rutinitas perawatanmu dengan treatment di klinik kecantikan yang dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus di wajah.

Manfaat di usia ini: Retinol dapat membantu mengatasi kekeringan, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi kerutan yang dalam.

Cara penggunaan: Lanjutkan penggunaan retinol dengan konsentrasi tinggi sekitar 2% setiap malam dengan durasi 2x dalam seminggu. 

Kapan Berhenti Menggunakan Retinol?

Mengutip dari laman resmi Verywell Health, retinol umumnya dianggap sebagai produk perawatan kulit yang aman, namun dapat menyebabkan beberapa efek samping ringan hingga parah.

Efek sampingnya akan bergantung pada konsentrasi retinol dan seberapa sering penggunaannya, seperti:

  • Kulit Kering
  • Kemerahan
  • Gatal

Jika kalian mengalami efek samping di atas, coba gunakan retinol setiap dua atau tiga hari sekali saja. 

Efek samping retinol lain yang lebih serius yang terjadi pada kurang dari 10% orang yaitu:

  • Kulit Terasa Terbakar
  • Pembengkakan
  • Eksim kambuh (kondisi kulit sensitif dengan ruam yang gatal)
  • Perubahan warna kulit
  • Fotosensitivitas (reaksi kulit setelah terpapar sinar matahari atau sumber radiasi ultraviolet lainnya)

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit Wajah Terpercaya

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan retinol untuk umur berapa secara medis tanpa ketergantungan. Kalian dapat menghubungi dokter spesialis kulit di Metaderma.id

Berikut terdapat beberapa dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman hingga 14 tahun dan mendapatkan rating terbaik dari para pasien yang telah mereka tangani:

1. Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV

Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV merupakan salah satu dokter spesialis kulit wajah yang telah berpengalaman selama 14 tahun. Tempat praktiknya ada di dua tempat yaitu DNI Skin Centre dan RSUP Prof.Ngoerah

2. Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK

Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK memiliki pengalaman selama 4 tahun di bidang spesialis kulit wajah. Saat ini tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

3. Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka

Sedangkan untuk Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka memiliki pengalaman 2 tahun dan tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

Itulah beberapa dokter spesialis kulit wajah yang bisa kalian hubungi jika mengalami masalah kulit wajah secara tepat dan cepat. Kalian bisa berkonsultasi dari rumah tanpa harus mengantri dan biaya murah hanya melalui chat WhatsApp saja.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi dokter spesialis kulit wajah Metaderma.id sekarang juga di nomor +62 821-2221-5400, ya!

Referensi:

Verywell Health. When to Use Retinol: Best Age, Time, Skin Care Order. Diakses 30 Mei 2024.

https://www.verywellhealth.com/when-to-use-retinol-7559023

Martha Stewart. At What Age Should You Start Using Retinol? Several Dermatologists Weigh In. Diakses 30 Mei 2024.

https://www.marthastewart.com/8233030/what-age-start-using-retinol#:~:text=While%20there’s%20no%20right%20or,at%20Sand%20Lake%20Dermatology%20Center.

Female Daily. Ingin Lebih Kulit Kencang? Ini Tips Pakai Retinol di Usia 20-an hingga 50-an!. Diakses 30 Mei 2024.

https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/08/07/ingin-kulit-lebih-kencang-ini-tips-pakai-retinol-di-usia-20-an-hingga-50-an