Cara Mendapatkan Kulit Glowing dengan Perawatan Sederhana 

glowing

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah glowing? Glowing adalah kondisi kulit wajah yang terlihat sehat, bersih, lembap, dan bercahaya secara alami. Salah satu cara mendapatkan kulit glowing adalah dengan melakukan perawatan rutin dan gaya hidup yang sehat. 

Namun, sebelum mencoba berbagai tips dan perawatan untuk mendapatkan wajah glowing, penting untuk memahami terlebih dahulu ciri-ciri kulit glowing itu sendiri. Sehingga kamu bisa mengevaluasi kondisi kulitmu saat ini dan mengetahui apa yang perlu ditingkatkan.

Mari simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini, ya!

Ciri-ciri wajah glowing

Berikut adalah ciri-ciri utama kulit glowing yang bisa kamu perhatikan:

1. Tekstur Kulit Wajah Halus dan Lembut

Jika kulit wajah kamu memiliki tekstur yang halus dan lembut, ini mengartikan kulit kamu terhidrasi dengan baik, tanpa adanya area kering, kasar, atau bersisik. Kulit yang halus juga menunjukkan bahwa pori-pori tidak tersumbat dan bebas dari komedo atau jerawat.

2. Warna Kulit Merata

Kulit yang glowing cenderung memiliki warna yang merata di area wajah tanpa adanya bintik-bintik gelap, kemerahan, atau hiperpigmentasi yang mencolok.

3. Bercahaya Alami

Kulit glowing cenderung memancarkan cahaya alami, seolah-olah kulit bersinar. Ini bukan berarti kulit terlihat berminyak, melainkan ada kilau sehat yang menandakan kulit terjaga kelembapannya.

4. Wajah Tampak Lembap dan Kenyal

Kulit wajah yang glowing akan terlihat lembap dan kenyal, kelembapan yang baik membantu kulit terlihat lebih sehat dan awet muda, sekaligus menutupi adanya tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus.

Cara Mendapatkan Wajah Glowing

Tapi bagaimana cara mendapatkan kulit glowing dengan ciri-ciri tersebut? Berikut tips dan panduan sederhana yang mudah dan dapat kamu lakukan untuk mencapai kulit wajah glowing impianmu!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Langkah pertama untuk mendapatkan kulit glowing adalah memastikan wajah selalu bersih. Kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel di kulit bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat. 

Tips pilih  pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan usahakan untuk cuci wajah dua kali sehari  pagi dan malam hari.

2. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat membuat kulit terlihat kusam. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dengan scrub lembut atau produk eksfoliasi mengandung AHA/BHA. 

3. Gunakan Moisturizer

Mouisturizer penting digunakan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit, apakah kulitmu kering, berminyak, atau kombinasi. 

4. Gunakan Sunscreen

Paparan sinar UV bisa menyebabkan kerusakan pada kulit seperti bintik hitam, penuaan dini, dan kulit kusam. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau kamu berada di dalam ruangan. Sunscreen membantu menjaga kulit tetap sehat dalam jangka panjang.

5. Jaga Pola Makan dan Minum yang Cukup

Kulit wajah yang glowing juga berasal dari dalam tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Minum air minimal 8 gelas sehari akan membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam.

6. Rutin Menggunakan Serum dan Masker Wajah

Serum wajah yang mengandung vitamin C atau hyaluronic acid dapat membantu mencerahkan kulit dan memberikan efek glowing. 

Selain itu, gunakan masker wajah secara rutin, terutama yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, atau madu, yang dapat menutrisi kulit.

7. Hindari Stress dan Sertakan Tidur yang Cukup

Stres dan kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah loh, salah satunya dapat menyebabkan jerawat, kulit kusam, dan lingkaran hitam di bawah mata. Pastikan kalau kamu mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam setiap malam. 

8. Konsultasi Dengan Dokter Kulit

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara namun kulitmu belum juga glowing, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter dermatologist. Kamu bisa konsultasikan keluhan dan kondisi kulitmu di Metaderma.id

Tentunya kamu akan mendapatkan informasi secara detail mengenai permasalahan kulit kamu dan dokter akan menyarankan perawatan skincare dan cream racikan khusus yang dibutuhkan kulit mu. 

Untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat dibutuhkan perawatan yang konsisten dan gaya hidup sehat. 

Dengan membersihkan wajah secara rutin, menggunakan produk perawatan yang tepat, serta menjaga pola makan dan istirahat, kamu bisa meraih kulit yang sehat dan bercahaya alami. Tidak ada hasil instan, tetapi dengan dedikasi, wajah glowing yang kamu impikan pasti akan tercapai. 

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit Wajah Terpercaya

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mendapatkan wajah glowing secara medis tanpa ketergantungan. Kalian dapat menghubungi dokter spesialis kulit di Metaderma.id

Berikut terdapat beberapa dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman hingga 14 tahun dan mendapatkan rating terbaik dari para pasien yang telah mereka tangani:

1. Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV

Dr.dr Darma, SpD.V.E, Subsp.OBKFINSDV, FAADV merupakan salah satu dokter spesialis kulit wajah yang telah berpengalaman selama 14 tahun. Tempat praktiknya ada di dua tempat yaitu DNI Skin Centre dan RSUP Prof.Ngoerah

2. Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK

Dr. Ida Ayu Listya Pradnya S, M.Biomed, SpKK memiliki pengalaman selama 4 tahun di bidang spesialis kulit wajah. Saat ini tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

3. Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka

Sedangkan untuk Dr. Gusti Ayu Tika Pitha Loka memiliki pengalaman 2 tahun dan tempat praktiknya di DNI Skin Centre.

Itulah beberapa dokter spesialis kulit wajah yang bisa kalian hubungi jika bingung memahami cara mendapatkan wajah glowing secara tepat dan cepat. Kalian bisa berkonsultasi dari rumah tanpa harus mengantri dan biaya murah hanya melalui chat WhatsApp saja.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi dokter spesialis kulit wajah Metaderma.id sekarang juga di nomor +62 821-2221-5400, ya!

Referensi:

Masterclass. How to Get Glowing Skin: 6 Lifestyle Changes for Glowing Skin. Diakses 03 Oktober 2024

https://www.masterclass.com/articles/how-to-get-glowing-skin

Medical News Today. How to Get Glowing Skin. Diakses 03 Oktober 2024

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#skin-care