Mitos: Kulit Berminyak Akan Terlihat Awet Muda Ketika Menua

Mitos Kulit Berminyak

Kita seringkali mendengar mitos yang satu ini. Mitos kulit berminyak akan terlihat awet muda ketika menua. Namun, apakah benar demikian adanya? Simak penjelasan ahli berikut ini.

Menurut para ahli, kulit berminyak sama saja dengan jenis kulit lainnya. Tidak akan menua dengan kondisi lebih baik daripada jenis kulit lain. Berikut adalah fakta dibalik mitos kulit berminyak yang sebenarnya.

Fakta Mitos Kulit Berminyak

Perlu diketahui jika kulit berminyak memiliki kandungan kelenjar penghasil sebum (minyak) lebih tinggi. Dokter Kulit di Austin Skin Physicians, Kristina Collins menjelaskan bahwa kepadatan kelenjar tersebut mengakibatkan dermis terlihat lebih tebal.

Dermis merupakan lapisan tengah kulit yang menopang dan memberi struktur pada lapisan terluar kulit. Jika dermis terlihat lebih tebal maka dapat mengurangi kerutan dan lipatan-lipatan pada kulit.

Tak hanya itu, hidrasi tambahan dari sebum (minyak) juga memiliki peran yang serupa dengan pelembab dalam meminimalisir munculnya garis halus.

Pori Besar, Jerawat, dan Jaringan Parut

Meski terdengar menguntungkan, nyatanya penuaan tidak hanya perihal garis halus dan kerutan. Masih terdapat pori besar, jerawat, dan jaringan parut yang sangat mungkin dimiliki oleh kulit berminyak.

Pemilik kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori wajah yang lebih besar. Kondisi seperti ini mengakibatkan kulit berminyak memiliki kemungkinan berjerawat lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Jerawat perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Jika tidak jerawat dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut serta tekstur kulit. Kedua hal ini yang mengakibatkan kulit berminyak terlihat lebih tua atau mengalami penuaan dini.

Faktor yang Mempengaruhi Penuaan Kulit

Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi penuaan kulit, seperti metabolisme tubuh, genetika, stres, pola makan, olahraga, dan polusi. Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi kulit ketika menua.

Namun, dari banyaknya faktor tersebut, faktor genetika yang memiliki peran penting ketika kulit mengalami penuaan.

Tak hanya itu, kebiasaan menggunakan sunscreen, menjaga berat badan, menghidrasi kulit, menghindari rokok, serta selalu merawat kulit juga memegang peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.