5 Rutinitas Skincare Kulit Berminyak yang Disarankan Dermatolog

Skincare Kulit Berminyak

Rutinitas skincare kulit berminyak kerap kali membingungkan, seperti pada penggunaan pelembap. Banyak dari kita yang masih ragu apakah kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap? Untuk itu, Metaderma telah merangkum rutinitas skincare kulit berminyak yang sesuai dengan saran para Dermatolog.

1. Hapus Makeup

Makeup dan skincare ber-SPF perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun cuci wajah. Membersihkan makeup menggunakan cleansing balm atau perbersih makeup berbahan dasar minyak lain dianggap mampu mengangkat kotoran dan membersihkan makeup tanpa merusak skin barrier. Jika kamu memiliki kulit dengan jenis berminyak dan mudah berjerawat, disarankan untuk memilih cleansing balm yang bersifat nonkomedogenik.

2. Sabun Cuci Wajah

Setelah menghapus makeup, lanjutkan dengan mencuci wajah. Langkah ini mampu membersihkan pori serta lapisan kulit terluar secara lebih mendalam. Dermatolog merekomendasikan pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid atau glycolic acid, karena mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut dan membantu mengontrol minyak di wajah.

3. Toner atau Essence

Setelah mencuci wajah, pH kulit akan menyesuaikan dengan pH sabun cuci wajah sehingga perlu untuk menetralkan pH dengan menggunakan Toner atau Essence. Sebenarnya, saat ini keduanya sudah bukan merupakan skincare yang harus ada dalam rutinitas. Sebab, sabun cuci wajah yang kini beredar telah hadir dengan formulasi jauh lebih baik dan memperhatikan kadar pH di dalamnya. Dapat dikatakan tahap ini merupakan tahap opsional.

4. Serum

Pemilihan serum ada baiknya disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dialami. Pelajari kandungan skincare yang mampu mengatasi permasalahan kulitmu secara efektif. Kamu juga dapat melakukan konsultasi secara online dengan dokter spesialis kulit di Metaderma agar penggunaan serum lebih efektif. Kandungan serum yang mampu mengontrol produksi minyak diantaranya yaitu teh hijau, niacinamide, dan hyaluronic acid.

5. Eksfoliasi

Tahap ini perlu dilakukan terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Berbagai kandungan asam, baik itu AHA maupun BHA, termasuk retinol dapat digunakan dalam rangkaian skincare eksfoliasi. Glycolic acid dan salicylic acid disarankan untuk pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, karena mampu masuk ke dalam lapisan kulit dan membersihkan sumbatan pada pori-pori. Jika tidak efektif, maka kamu dapat meningkatkan eksfoliasi dengan kandungan yang lebih kuat seperti tretinoin melalui resep dokter.

Terakhir, untuk mempertahankan dan memaksimalkan kinerja skincare kamu harus selalu mengaplikasikan sunscreen. Terutama ketika ingin beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Juga ketika kamu beraktifitas di dalam ruangan yang terkena paparan sinar matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung.