Skincare Dokter Efektif Atasi Masalah Kulit Berat

Skincare Dokter

Memiliki kulit wajah yang cerah dan mulus merupakan impian banyak orang, terutama wanita. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba menggunakan skincare dan perawatan kulit lainnya. Termasuk skincare yang diformulasikan khusus oleh dokter spesialis kulit.

Namun, terkait dengan penggunaan skincare dokter, terdapat anggapan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan ketergantungan atau masalah kulit saat penggunaan dihentikan. Akantetapi, menurut dr. Suksmagita Pratidina, seorang Dokter Spesialis Kulit, faktanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda-beda.

dr. Suksmagita menjelaskan bahwa tidak semua jenis kulit memerlukan penggunaan skincare formulasi khusus. Kulit yang memiliki masalah ringan dapat dengan mudah diperbaiki menggunakan produk skincare yang dijual bebas. Tetapi dengan catatan selama pemilihan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit. Namun, jika sudah mencoba berbagai perawatan namun tidak memperbaiki kondisi kulit, konsultasi dengan dokter diperlukan untuk memilihkan treatment dan skincare yang tepat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi kulit antara lain genetik, nutrisi, iklim, aktivitas fisik, dan rutinitas skincare harian. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan cerdas memilih rangkaian skincare yang sesuai.

Jika keluhan tidak membaik, baru saat itu skincare yang diformulasikan khusus oleh dokter spesialis kulit diperlukan. Keluhan masalah kulit berat, perawatan yang disarankan adalah skincare dengan kandungan bahan aktif lebih tinggi dan diawasi langsung oleh dokter. Skincare seperti ini disarankan untuk masalah kulit yang berat karena memiliki efektivitas hasil lebih baik.

Lebih Aman dan Sesuai dengan Permasalahan Kulit

Mencuci Wajah

Sebelum membuat skincare khusus untuk pasiennya, setiap dokter akan mengevaluasi kondisi kulit pasien terlebih dahulu. Dokter juga akan memberikan rangkaian perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi pasien, misalnya pada ibu hamil atau menyusui, dokter akan memberikan formulasi dengan kandungan yang aman.

Lama penggunaan skincare ini akan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien. Dokter akan menentukan apakah keluhan pasien termasuk masalah ringan, sedang, atau berat berdasarkan keluhan pasien dan observasi dokter.

Untuk keluhan ringan, lama pengobatan akan lebih pendek dan bisa dikombinasikan dengan perawatan skincare yang dapat dibeli bebas, tetapi tetap diawasi oleh dokter. Jika keluhan sedang atau berat, dokter akan menyarankan jangka waktu tertentu untuk menyembuhkan kondisi kulit secara maksimal.

Perlu diingat bahwa kondisi kulit tiap individu dapat berubah selama proses penyembuhan, sehingga perawatan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan perubahan tersebut. Maka, lakukan kunjungan rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh dokter.