Rutin Konsumsi 5 Buah Ini Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Buah-buahan untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Kulit sehat dan awet muda merupakan keinginan banyak orang. Namun untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda kita perlu melakukan perawatan kulit yang maksimal dan menjaga asupan gizi agar tetap sesuai.

Buah-buahan menjadi sumber nutrisi dan vitamin penting yang baik untuk kesehatan kulit. Dermatolog SkinKraft, Harish Koutam mengungkap jika buah-buahan mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Terutama pada buah yang kaya akan Vitamin A yang telah terbukti efektif dalam mengurangi masalah jerawat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buah-buahan yang dapat kamu konsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi dan vitamin penting dalam buah-buahan ini juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Apel

Apel mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang telah terbukti efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk pada kulit wajah. Antioksidan yang terkandung dalam apel juga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi tingkat stres oksidatif pada kulit.

2. Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan serat dan air. Oleh karena itu, semangka berfungsi baik dalam menjaga kulit agar tetap terhidrasi, lembut, dan elastis.

Semangka juga mengandung Vitamin C, A, B1, B6, dan likopen yang memiliki manfaat penting dalam meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit. Vitamin C terbukti efektif dalam mengurangi garis halus dan kerutan akibat penuaan dini.

Sedangkan vitamin A dan B yang terkandung dalam semangka memiliki peran penting untuk menjaga kulit agar tetap halus. Likopen dalam semangka juga dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan jaringan kulit.

3. Jeruk

Minyak alami yang terkandung dalam jeruk dapat membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Kesan kulit kenyal juga dapat diperoleh apabila rutin mengonsumsi jeruk.

Vitamin C yang telah dikenal mampu meningkatkan produksi kolagen, ternyata juga mampu menjaga kulit agar tetap kencang dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Jerung mengandung Vitamin C dan antioksidan tinggi. Sehingga tidak hanya meningkatkan produksi kolagen tetapi juga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi kerusakan DNA, dan memperlambat proses penuaan.

4. Lemon

Sudah sejak lama lemon dikenal mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya. Lemon juga sering digunakan dalam bahan baku produk perawatan kulit seperti obat jerawat dan pelembap dengan klaim anti-aging.

Selain itu, lemon juga kaya akan kandungan Vitamin C yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, dan bekas luka. Lemon juga dangat baik dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

5. Strawberry

Strawberry merupakan buah yang memiliki manfaat sebagai eksfoliator alami. Buah ini kaya akan kandungan asam salisilat yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ketika muncul gejala jerawat di wajah.

Asam salisilat juga mampu membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran, dan bakteri tersumbat pada pori-pori. Selain itu, Strawberry juga mengandung Vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta mengurangi tanda penuaan.