Apakah Air Asin Baik untuk Kulit?

Air Asin

Air asin atau air laut kaya akan kandungan seng, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lain yang bersifat antibakteri dan mengeksfoliasi. Oleh karena itu, banyak yang meyakini bahwa air laut dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah eksim.

Air Asin Mampu Mengatasi Eksim

Berdasarkan riset tahun 2016, air laut terbukti bermanfaat untuk mengatasi masalah eksim. Riset menggunakan air pada kedalaman 200 meter karena dinilai lebih murni dan memiliki nutrisi yang cenderung lebih tinggi.

Diketahui, nutrisi didalamnya meliputi magnesium, kalsium, kalium, kromium, selenium, seng, dan vanadium. Berbeda dengan air laut dalam yang mendapat lebih sedikit cahaya matahari sehingga mengandung sedikit nutrisi.

Pada penelitian yang sama, ditemukan pula bahwa air laut dapat mengatasi masalah sindrom dermatitis eksim atopik (AEDS) dengan memperbaiki beberapa gejalanya, seperti peradangan, pembengkakan, kulit pecah-pecah, kering, dan gatal, serta mengurangi ketebalan epidermis akibat sindrom tersebut. Selain itu, air laut juga dapat mengatasi ketidakseimbangan mineral akibat AEDS.

Mengurangi Reaksi Alergi & Mengobati Psoriasis

Penelitian lain juga menemukan manfaat air laut yang dapat mengurangi reaksi alergi pada kulit. Hal ini karena air laut bekerja dengan cara mengurangi antibodi penyebab reaksi alergi yang disebut imunoglobulin E (lgE).

Pengobatan psoriasis dengan air laut dinamakan dengan balneoterapi, manfaatnya yakni memecah plak psoriasis, mengurangi zat asing pemicu respons imun, dan membunuh bakteri di permukaan kulit.

Air laut juga mampu mengeksfoliasi kulit secara alami, sehingga mencegah penumpukan sel kulit mati penyebab jerawat maupun komedo. Meski lulu air garam baik untuk kulit, sebaiknya hindari menggosok kulit secara intens.

Namun sebelum menggunakan air asin sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit skincare, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit maupun tenaga profesional lainnya. Agar, penggunaannya tidak memperparah kondisi kulit atau menambah permasalahan kulit lain.