Bagaimana Mengatasi Komedo Blackhead dengan Aman?

Mengatasi Komedo

Untuk mengatasi komedo, dokter kulit menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas (OTC) apabila kondisi komedo yang dialami masih tergolong ringan dan sedang. Namun, jika komedo yang dialami terjadi lebih parah dan sulit diatasi dengan produk pasaran, maka skincare dengan resep dokter kulit lebih disarankan.

Umumnya, kandungan bahan aktif yang digunakan untuk mengatasi komedo adalah benzoil peroksida, antibiotik, retinoid, asam salisilat, dan sulfur atau belerang. Bahan aktif ini dapat dengan mudah ditemui dalam berbagai bentuk mulai dari, gel, lotion, krim, sabun, hingga acne patch.

Pada beberapa kasus komedo, seperti komedo blackhead yang sulit dihilangkan dengan penggunaan skincare lebih disarankan untuk melakukan treatment ekstraksi. Treatment ini dilakukan secara manual untuk menghilangkan komedo menggunakan alat khusus yang disebut ekstraktor komedo.

Komedo Blackhead

Komedo dan Sebaceous Filaments

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang paling sering disalahpahami, karena masih banyak orang yang mengabaikannya. Membiarkan kotoran menumpuk di bawah permukaan kulit dan membersihkan komedo dengan cara yang salah. Jika dibiarkan, hal ini justru tidak menghilangkan komedo tetapi memperburuk kondisi komedo. Bahkan, komedo kondisi yang lebih parah dapat berkembang menjadi infeksi kulit.

Meskipun komedo tidak menyebabkan masalah serius, komedo tetap dapat mengganggu penampilan. Terlebih apabila perawatan kulit terhadap komedo tidak dilakukan dengan seharusnya.

Sebelum melakukan treatment pembersihan komedo melalui ekstraksi, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Ini berguna untuk melihat seberapa parah komedo yang dialami dan menyesuaikan treatment dengan jenis kulit. Selain itu, dokter kulit juga dapat membantu untuk menentukan perawatan kulit lanjutan pasca ekstraksi agar pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Konsultasi bersama dengan dokter spesialis kulit berpengalaman dapat dilakukan secara online di Metaderma, tanpa dipungut biaya! Segera hubungi call center Metaderma untuk konsultasi lebih lanjut.