Atasi Jerawat Meradang Tanpa Mata dengan 5 Cara Berikut Ini

Atasi Jerawat Meradang Tanpa Mata dengan 5 Cara Berikut Ini

Jerawat meradang merupakan salah satu jenis jerawat yang sering muncul dan dialami oleh banyak orang. Jerawat meradang juga muncul dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah jerawat tanpa mata atau blind pimple.

Pada dasarnya jerawat tanpa mata ini serupa dengan inflammatory acne, yang menyebabkan peradangan pada kulit tanpa mengeluarkan nanah. Jerawat ini ditandai dengan ciri utamanya yakni tersembunyi di bawah permukaan kulit.

Hal tersebut mengakibatkan jerawat tidak tampak dari luar. Sebab, tidak memiliki ujung kepala yang mengeluarkan nanah. Akantetapi jerawat ini tetap menimbulkan peradangan pada permukaan kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Tanpa Mata

Blind pimple tergolong ke dalam jenis jerawat yang sulit untuk diobati. Serta sangat mengganggu penampilan kulit. Namun tak perlu khawatir karena 5 cara berikut ini dapat kamu terapkan untuk mengatasi blind pimple.

1. Kompres Jerawat Meradang dengan Air Dingin

Blind pimple sulit disembuhkan karena letaknya yang berada di bawah permukaan kulit. Kamu dapat mengatasinya dengan cara mengompres area kulit yang meradang menggunakan air dingin atau es batu. Kompres ini membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan kemerahan yang timbul akibat peradangan.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sebab, dibandingkan dengan jerawat jenis lainnya, blind pimple memerlukan waktu penyembuhan lebih lama. Untuk itu, lakukan eksfoliasi secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu untuk membersihkan pori-pori yang kotor dan tersumbat kotoran. Produk skincare dengan kandungan retinol, AHA, dan BHA dapat digunakan selama eksfoliasi.

3. Acne Spot Treatment

Dengan mengoleskan acne spot treatment atau obat totol jerawat, proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Kandungan benzoil peroksida, sulfur, dan tea tree oil yang terdapat dalam obat totol jerawat diyakini mampu mempercepat proses penyembuhan. Sebaiknya gunakan obat totol jerawat pada malam hari sebelum tidur, untuk menghindari kemungkinan iritasi.

4. Sunscreen

Pada siang harinya, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen. Terutama ketika melakukan aktivitas yang mengharuskan kulit terpapar sinar matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pastikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 4 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit yang tengah berjerawat dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Pilih sunscreen yang ramah untuk kulit berjerawat dan mengandung SPF 30 PA++.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat

Produksi minyak berlebih di wajah yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat. Terapkan kebiasaan mencuci wajah tiga kali sehari, menghindari konsumsi makanan berminyak atau manis, rutin berolahraga, dan mencukupi kebutuhan tidur, jika ingin proses penyembuhan jerawat lebih optimal.